Rabu, 16 Februari 2011

Penambang Pasir Liar di Pamekasan akan Diberi Modal Usaha

Liputan-Madura. PAMEKASAN: Bupati Pamekasan Kholilurrahman berjanji memberikan kompensasi berupa modal usaha kepada para penambang pasir di wilayah pesisir utara kabupaten tersebut. Kompensasi itu akan diberikan jika para penambang liar tersebut menghentikan aktivitas. Sedangkan modal usaha dalam bentuk kredit mikro akan disertai pendampingan untuk pengembangan usaha dan pemberdayaannya. Nilai kompensasi itu akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

"Yang pasti, asalkan para penambang pasir liar itu berhenti menambang dan mau beralih usaha, kami siap membantu fasilitas modal usaha," katanya, menjawab pernyataan Koordinator Mahasiswa Peduli Pantura Ahmad Zaini dalam pertemuan di Pendopo Roggosukowati, Pamekasan, Selasa (15/2).

Dalam pertemuan Zaini mengatakan masih maraknya penambangan pasir liar di wilayah pantai utara Pamekasan, yang mengakibatkan abrasi, karena para penambang tidak memiliki kegiatan usaha lain. Oleh karena itu, meski pemerintah dan tokoh masyarakat setempat melarang, penambangan tetap berlangsung. Bupati Kholilurrahman mengatakan, selain bantuan modal usaha, Pemerintah Kabupaten Pamekasan juga akan membangun penahan ombak di pesisir utara. Pembangunan diutamakan di lokasi yang kondisi pantainya rusak parah akibat penambangan. Di antaranya di Pesisir Desa Tlonto Raja dan Sotabar, Kecamatan Pasean.

sumber: media indonesia

Tidak ada komentar: