Kamis, 19 Mei 2011

Prestasi anak - anak Laut utara Sumenep

Liputan-Madura.Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Masalembu merupakan satu-satunya SMA Negeri yang berada dipaling utara Kabupaten Sumenep dan terletak ditengah-tengah Laut Jawa itu, ternyata murid-muridnya mempunyai beberapa keunggulan dan potensi besar diberbagai aspek yang tak kalah dengan murid-murid SMA di kawasan daratan Kabupaten Sumenep.

Di bidang olahraga, siswa SMA Negeri 1 Masalembu berhasil mewakili Kabupaten Sumenep pada ajang pertandingan Sepak Takraw pada event Kejuaraan Daerah (Kejurda) antar pelajar se Jawa Timur yang berlangsung Maret 2011 di Surabaya, dan menggondol sebagai Juara III.

Kepala SMA Negeri 1 Masalembu, Abu Amin Dasuki, S.Pd kepada News Room mengatakan, semua potensi dan talenta di berbagai aspek, memang sedang giat-giatnya dikembangkan di sekolah yang dipimpinnya. Dan khusus olahraga Sepak Takraw, memang sudah menjadi langganan untuk mewakili Kabupaten Sumenep diberbagai kejuaraan.

Menurut Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (SPTI) Cabang Sumenep, H. Rusdi, organisasi yang dipimpinnya memang menaruh perhatian besar terhadap perkembangan Sepak Takraw di Kecamatan Masalembu.

Selain itu, pengembangan kegiatan olahraga di SMA Negeri 1 Masalembu tidak hanya pada cabang Sepak Takraw saja, akan tetapi juga pada cabang olahraga lainnya, seperti Sepak Bola, Bola Volly, Renang, Atletik, dan Karate-do yang secara rutin melaksanakan latihan.

Sedangkan pada bidang pengembangan saint dan keilmuan, siswa-siswi SMA Negeri 1 Masalembu pada tanggal 10 – 11 Mei 2011 juga ikut berpartisipasi mengadu kemampuan intelegensi dan nalar bersama muris-murid terbaik se Kabupten Sumenep dengan mengikuti Olympiade Saint Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Sumenep.

Dan pada tahun pelajaran 2010/2011 ini, yakni pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) SMA sederajat, SMA Negeri 1 Masalembu berhasil lulus 100 persen. Ini merupakan capaian yang bukan instant, tapi memang sudah dirancang dengan strategi yang matang melalui berbagai program intensifikasi kegiatan belajar mengajar, penambahan bimbingan khusus (binsus), try out yang bekerjasama dengan LBB Jogjakarta, hingga kegiatan spiritual berupa istighotsah dan hataman Al-Qur’an bersama.

Untuk bidang pengembangan seni dan budaya, SMA Negeri 1 Masalembu juga sangat respek memperhatikan dan mengembangkannya. Melalui kegiatan pengembangan seni teater, seni lukis, seni tari, dan seni musik. Sebagai puncak dari apresiasi pada kesenian tersebut, menyalurkan pada kegiatan Kirab Budaya Nasional, yang secara rutin dilaksanakan pada kegiatan ulangan semester atau ditampilkan pada kegiatan sakral, yaitu pada prosesi pelepasan purna belajar siswa kelas XII.

Khusus untuk pengembangan guru-guru kesenian, SMA Negeri 1 Masalembu juga ikut aktif bergabung dengan komunitas guru-guru seni terbaik se Kabupaten Sumenep yang tergabung dalam Handayani Art Center (HAC).

Dari semua potensi tersebut, dilaksanakan pada kegiatan intra kulikuler dan dimatangkan pada kegiatan ekstra kulikuler secara terencana, disiplin dan teratur. Namun, pada hal-hal yang bersifat daya dukung sarana dan prasarana masih belum memadai.

Untuk itu, perlu dukungan beberapa pihak, utamanya instansi terkait untuk lebih merespons lagi terhadap pengembangan semua potensi siswa SMA Negeri 1 Masalembu, saat percakapan dengan News Room sekitar pengembangan potensi sekolah yang dipimpinnya.


Sumber: www.sumenep.go.id

1 komentar:

wongcrewchild mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.