Sabtu, 16 April 2011

Wow.....Sumenep Ternyata Punya Potensi Listrik Geothermal

Liputan-Madura.Wilayah Kabupaten Sumenep, Madura memiliki potensi energi panas bumi atau geotermal, tepatnya di Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan. Demikian kata Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral setempat, Suprayugi.

Ia berharap, Kementerian ESDM melakukan penelitian yang komprehensif, guna mengetahui potensi geotermal di wilayah Sumenep. "Sepanjang pengetahuan kami, belum ada penelitian secara utuh tentang potensi geotermal di Pragaan," ujarnya.

Suprayugi juga mengemukakan, pihaknya membutuhkan sumber energi alternatif, guna menyediakan aliran listrik bagi warga Sumenep. "Apalagi, sebagian wilayah Pragaan belum teraliri listrik dari PLN. Kalau pun dianggap kecil, potensi geotermal di Pragaan itu sebaiknya tetap dimanfaatkan untuk penyediaan aliran listrik bagi warga setempat," ujarnya, menegaskan.

Data di Kantor ESDM Sumenep, sebagian warga setempat yang tersebar di 200 desa di 27 kecamatan belum bisa menikmati fasilitas aliran listrik dari PLN. Sesuai penjelasan Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Dewi J Putriatni di Surabaya (11/4), secara keseluruhan terdapat 11 lokasi geotermal di wilayah provinsi tersebut.

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.