Jumat, 04 November 2011

Tips Merawat Kamera yang Benar dan Tepat

Seperti layaknya barang elektronik lainnya, kamera juga memiliki cara-cara perwatan agar dapat digunakan secara masimal dan mencegah kerusakan. Berikut Tips Merawat kamera yang Benar dan Tepat:

  1. Menempatkan kamera pada ruangan tertutup (bisa dalam tas) dapat membantu menurunkan intensitas dan kuantitas masuknya debu dan kotoran yang dapat mengganggu kamera. Harap berhati-hati ketika sedang menggunakan Kamera pada lingkungan yang berdebu dan ber pasir.
  2. Gunakan alat perawatan kamera yang tepat dan benar. Hindari penggunaan tissue biasa, kaos baju, alkohol dan bhan lainya yang tidak di khususkan untuk perawatan kamera.
  3. Bersihkan kamera dan lensa secara teratur, khusunya setelah digunakan pada ruang terbuka atau setelah hunting foto.
  4. Simpan Kamera pada tas dan Selipkan slicia gel pada ruang tas untuk membantu merawat tas dari jamur
  5. Gunakan filter yang tepat dan sesuai untuk kamera (Beberapa kamera sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet dari matahari).
  6. Bila terdapat cukup asessoris kamera, sebaiknya ditempatkan pada 1 tas secara bersamaan unutk memudahkan pengawasan kamera.
  7. Jangan membawa kamera SLR dengan flas yang menempel apabila melakukan perjalanan yang jauh karena "shoe base" flash atau "flash rail" akan rawan rusak.
  8. Matikan Kamera secara manual lebih baik daripada kamera mati secara otomatis (menjaga umur baterai)
  9. Lepaskan Baterai dari kamera apabila tidak akan diguankan dalam waktu yang lama
  10. Bersihkan tangan anda dari kotoran sebelum menggunakan kamera
  11. Jika kamera terkena air, segera bersihkan dan keringkan secara seksama (dapa menggunakan haridryer dengan panas secukupnya untuk mengeringkan kamera dari air)

Tidak ada komentar: