Rabu, 23 Maret 2011

Perayaan Hari Kelahiran Dewi Kwan Im

Liputan-Madura. Warga Tionghoa di Madura merayakan dengan meriah kelahiran Dewi Kwan Im. Perayaaan ini dimeriahkan berbagai hiburan, mulai dari atraksi liong hingga wayang kulit semalam suntuk. Dewi Kwan Im adalah Dewi Kasih yang selalu memberikan kasih sayang, sehingga dalam peringatan kelahirannya, umat Budha berharap perlindungan dan berkahnya.
Suasana di Vihara Alokitesvara, Desa Talang, Pamekasan Madura, meriah saat umat Budha dan Konghucu di Madura, sedang merayakan hari kelahiran Dewi Kwan Im. Berbagai ritual dilakukan, seperti pembacaan doa dan memberikan persembahan seperti buah-buahan dan berbagai macam kue khas Tionghoa. Pembacaan doa dan sembahyang berlangsung dengan hikmat, dan diakhiri prosesi berjalan mengelilingi vihara, dengan maksud memuliakan Dewi Kwan Im.
Perayaan hari kelahiran Dewi Kwan Im ini, diperingati pada setiap tanggal sembilan belas, bulan kedua, tahun Imlek. Selain pembacaan doa dan sembahyang, acara ini juga di meriahkan oleh berbagai hiburan pada malam harinya, seperti atraksi liang liong, atraksi barongsai, tak tung, serta pementasan wayang kulit berbahasa madura.
Dewi Kwan Im adalah Dewi Kasih Sayang yang selalu menjulurkan tangannya untuk menyebarkan kasih sayang dan pertolongan kepada semua umat. Sehingga dalam acara memperingati hari kelahiran Dewi Kwan Im, para umat berharap agar diberi kesehatan, keselamatan, perlindungan dan berkah oleh Dewi Kwan Im.

sumber: indosiar

Tidak ada komentar: