Minggu, 10 April 2011

Pemkab Sumenep Perluas Bandara Trunojoyo

Liputan-Madura. Tim Sembilan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan menggelar sosialisasi rencana perluasan areal Bandara Trunojoyo di kalangan warga pada Selasa (12/4) pekan depan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep Nur Salam, di Sumenep, Sabtu (9/4), mengatakan, sosialisasi akan dilaksanakan di aula Kantor Satuan Kerja Bandara Trunojoyo.

Warga yang diundang adalah pemilik dan pengelola lahan di sekitar Bandara Trunojoyo yang kemungkinan menjadi areal terdampak rencana perluasan," katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah berencana memperluas areal Bandara Trunojoyo pada 2011.

"Dana pembebasan lahan untuk kepentingan perluasan Bandara Trunojoyo pada tahun ini disiapkan Rp2 miliar. Pembebasan lahan tersebut ditargetkan selesai pada tahun ini juga," katanya.

Secara teknis, kata dia, pembebasan lahan yang terdampak rencana perluasan Bandara Trunojoyo akan dilakukan tim sembilan.

"Rencana perluasan areal Bandara Trunojoyo yang tentunya akan disertai pembebasan lahan di kawasan sekitarnya didahului dengan sosialisasi oleh tim sembilan. Semoga saja semuanya berjalan lancar," kata Salam menuturkan.

Sejak beberapa tahun lalu, Pemkab Sumenep ingin menjadikan Bandara Trunojoyo sebagai bandara komersial yang disinggahi pesawat berjadwal secara reguler.

Namun, kondisi Bandara Trunojoyo yang sekarang ini belum memenuhi syarat, salah satunya landasan pacu pesawat yang kurang panjang.

Oleh karena itu, pemerintah daerah akan memperluas areal Bandara Trunojoyo dengan cara membebaskan lahan di sekitarnya.

Saat ini landasan pacu pesawat di Bandara Trunojoyo sepanjang 905 meter dengan lebar 23 meter. Sejak 30 November 2010 Bandara Trunojoyo dimanfaatkan sebagai lokasi
latihan terbang oleh siswa sekolah penerbang Merpati Pilot School.


Tidak ada komentar: